Libur Lebaran, Bantul Diprediksi Dikunjungi Lebih Sejuta Wisatawan

Standard

 Datangnya saat libur lebaran serta serbuan pemudik yang menuju lokasi DIY bikin Dinas Kebudayaan serta Priwisata (Disbudpar) Kabupaten Bantul bersiap hadapi lonjakan wisatawan.

Kepala Disbudpar Kabupaten Bantul, Bambang Legowo memperkirakan kian lebih satu juta wisatawan bakal membanjiri Bantul pada saat libur Lebaran. Konsentrasi lonjakan wisatawan diprediksikan semakin banyak memadati object wisata di Bantul sebagai primadona seperti Pantai Parangtritis, Depok, Pandansimo, serta yang lain.

” Ini masalah daya tampung sesungguhnya, bila Parangtritis kan seluruhnya dapat masuk, bila yang lain didatangi sepuluh ribu orang kan telah penuh, bahkan juga bila di object wisata goa, seribu orang telah penuh, ” tuturnya, Senin (13/7/2015) lantas di Kantor Disbudpar Bantul.

Berdasar pada pengalaman di tahun-tahun pada awal mulanya, Bambang memperkirakan, puncak kepadatan arus wisatawan di Bantul bakal berlangsung pada tiga serta empat hari sesudah lebaran. ” Th. tempo hari dari retribusi kita dapat bisa diatas Rp 200 juta dalam satu hari waktu puncaknya, walau sebenarnya retribusi kita cuma Rp 4. 000-5. 000, ” katanya.

Walau diprediksikan ada kian lebih satu juta pelancong yang memadati Bantul nanti, menurut Bambang cuma bakal ada seputar 400. 000 wisatawan yang bisa ditarik retribusinya. Pasalnya tak seluruhnya obyek wisata mempunyai Tempat Pemungutan Retribusi (TPR).

Bambang memberikan, beberapa object wisata alternatif diluar pantai sesungguhnya dapat juga jadi maksud wisatawan, seperti beberapa object wisata baru yang masih tetap berkembang, misalnya Jurang Pulosari, Sendang Pengilon, Sendang Ngembel, Curug Banyunibo, dan Mangunan.

Menghadapi kepadatan lalu-lintas yang dapat berlangsung waktu puncak berlibur, lanjut Bambang, ingindalian Lebaran di object wisata bakal dikerjakan. Yaitu dengan difokuskan pada object wisata pantai dengan melibatkan seputar 500 personel dari lintas dinas, juga Polri serta TNI sepanjang empat hari pada Sabtu (18/7/2015) sampai Selasa (21/7/2015).

” Semoga tak ada kemacetan, kita telah ke lapangan untuk coba pengalihan lalu-lintasnya, besok bila ingin masuk (ke Parangtritis), mobil sama motor dapat kita tujukan lewat Pundong agar tak bikin macet, ” terangnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s